Sabtu, 30 Januari 2010

Penyakit Sinusitis

Apa Sinusitis?

Adalah infeksi pada sinus (rongga disekitar mata, pipi dan hidung), sehingga berisi nanah (lendir kental kuning atau kehijauan.

Pada awalnya lendir dapat dikeluarkan lewat hidung atau tenggorok. Bila penyakitnya berlanjut karena tidak diberikan pengobatan secara benar akan terjadi pembengkakan mukosa sinus yang menutup lubang lintasan dari sinus ke hidung dan tenggorok. Akibatnya nanah makin tertimbun di rongga sinus sehingga menyebabkan rasa tertekan dan nyeri pada daerah tersebut.

Apa penyebab Sinusitis?

Infeksi saluran napas bagian atas, alergi hidung atau penyebab lain mengakibatkan penyumbatan pada lubang lintasan dari sinus ke hidung dan tenggorok mengakibatkan lendir tertimbun di sinus. Lendir ini merupakan media yang sangat baik untuk pertumbuhan bakteri atau jamur yang menyebabkan sinusitis.

Apa gejala utama Sinusitis?
Hidung tersumbat dan berair disertai Keluarnya lendir kental warna kuning atau kehijauan lewat hidung atau langit langit tenggorok.
Nyeri dan rasa tertekan pada daerah sinus yang terkena. Rasa nyeri dipicu bila daerah tersebut diketuk dengan jari (nyeri ketuk) atau bila kepala digelengkan dengan kuat.
Sinusitis maxillaris akan menimbulkan nyeri di pipi dan gigi atas,
Nyeri pada dahi bawah dan alis mata adalah sinusitis frontalis.
Nyeri dibelakang mata, pada puncak kepala, pada pelipis oleh karena Sinusitis sphenoid.
Nyeri dibalik mata oleh sinusitis ethmoid.

Apa gejala lainnya?

Sakit kepala (lokasi tergantung sinus yang terkena), berkurangnya penciuman hidung dan taste lidah, bau tidak sedap dari mulut atau hidung, pada stadium akut disertai demam dan batuk.

Apakah bahaya sinusitis?

Dapat meluas menjadi infeksi tulang muka, abces, infeksi menjalar ke otak, telinga, mata..

Kondisi apa yang meningkatkan resiko mendapat sinusitis?
bila terserang flu atau infeksi saluran napas bagian atas (virus, bakteri).
menderita pilek alergi (pilek tiap pagi, ingus encer seperti air)
kelainan anatomi pada tulang hidung atau sinus
polyp hidung.
faktor lain seperti merokok, polusi udara, terlalu sering memakai nasal spray dekongestan, cuaca dingin, perubahan tekanan udara mendadak (naik pesawat, diving)

Kapan harus ke dokter?

Bila menderita batuk pilek tetapi setelah menum obat sendiri dalam beberapa hari penyakitnya tidak membaik bahkan memburuk disertai timbul nya gejala tambahan seperti:
nyeri pada muka, pipi, dahi, belakang mata atau sakit kepala yang tidak sembuh walaupun sudah minum pain killer
Atau panas badan naik tinggi sehingga lebih dari 38,5 derajat Celsius disertai perubahan lendir yang keluar dari hidung atau tenggorok yang mulanya jernih lengket menjadi tebal kental warna kuning atau kehijauan (sinusitis akut)
menderita pilek lebih dari 2 minggu.
nyeri kepala kronis yanf lebih dari 1 bulan

Bagaimana dokter mendiagnose Sinusitis?
riwayat penyakit
pemeriksaan pisik.
Pemeriksaan penunjang: radiologi, CT scan, MRI dst

Bagaimana pengobatannya?
Dokter akan memberikan antibiotika, dekongestan, pengencer lendir, analgetik antipiretik atau menganjurkan operasi (tergantung kondisi penyakit dan kondisi pasien).
Tujuan operasi adalah untuk membersihkan dan mengeringkan lendir dari sinus, memperbaiki sistim drainage cairan sinus, memperbaiki kelainan anatomi tulang hidung dan sinus atau membuang polyp.

Apakah laserpuntur dapat mengobati Sinusitis?

Ya, meode ini terbukti cukup efektif untuk pengobatan sinusitis tanpa operasi, cara kerjanya adalah untuk drainage (membuang) nanah yang terjebak di rongga sinus sehingga menghilangkan/ menyembuhkan: hidung yang tersumbat, nyeri kepala dan mengembalikan fungsi hidung yang terganggu (penciuman berkurang) serta menghilangkan bau yang tidak sedap (busuk) dari hidung/ mulut.

Bagaimana cara bekerjanya terapi dengan metode ini?

Sinar laser jenis infrared disinarkan pada titik akupuntur tertentu di daerah muka, hidung dan sinus, punggung dan dada atas.

Sifat sinar ini adalah sebagai

anti radang sehingga akan mengurangi pembengkakan pada mukosa sinus sehingga lubang lintasan dari sinus ke hidung dan tenggorok akan terbuka dan cairan nanah akan keluar.

Memperlancar microsirkulasi dan meningkatkan metabolisme sel sehingga akan mempercepat pemulihan mukosa sinus kearah normal.

Rangsangan pada titik akupuntur terbukti meningkatkan sistim imun terhadap reaksi alergi hidung

Apakah pengobatan laserpuntur menimbulkan perasaan sakit?

Tidak ada rasa sakit, tidak ada efek samping sehingga pengobatan dengan cara ini disukai anak anak.

Apakah selama therapy diberikan obat?

Sinusitis adalah penyakit infeksi sehingga pada awal pengobatan harus diberikan antibiotika, dekongestan dan pengencer lendir.

Berapa lama pengobatannya?

Pengobatan laserpuntur harus dilakukan tiga hari berturut turut, kemudian selang satu hari dan dilanjutkan seminggu dua kali sehingga minimal sepuluh kali kunjungan..

Reaksi selama pengobatan lendir akan keluar banyak terutama pada pagi hari dari hidung atau tenggorok yang menandakan bahwa sumbatan sinus telah terbuka.

Bila rasa tersumbat sudah hilang dan lendir tidak ada lagi, tidak ada sakit kepala atau nyeri pada daerah sinus, bernapas lebih baik, tidur lebih nyenyak, penciuman dan taste normal. Hal ini menandakan bahwa sinusitis telah dapat diatasi dengan sangat memuaskan.

Beberapa contoh kasus:

Sering sakit dan nyeri pada dahi dan sekitar mata, hidung sering tersumbat dan berair, sering keluar dahak dari mulut. Apakah itu gajela sinusitis? Untuk memastikan harus dilakukan photo Rongent daerah sinus. Bila ternyata menderita sinusitis, maka dilakukan pengobatan dengan Laserpuntur/ laserterapi untuk mengeluarkan cairan yang tertimbun di sinus dan juga diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri yang ada. Setelah 3-5 kali kunjungan biasanya akan terjadi proses pengurasan dan pengeringan dari cairan sinus sehingga keluan sakit kepala dan hidung tersumbat makin berkurang dan mulai dapat membau. Terapi diteruskan sampai sembuh.


Dimana untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap tentang pengobatan Laserpuncture?

Dapat menghubungi Dr Oetomoo di telfon no 0816 4333 501 atau (021) 548 4459.di Jalan Kemanggisan Utama Raya no F11, Slipi, Jakarta Barat

Bagaimana cara pengobatan sendiri di rumah?
Minum obat flu untuk mengurangi panas, nyeri dan hidung tersumbat dan obat pengencer lendir.
Minum banyak air untuk mengencerkan lendir.
Kompres muka dengan handuk yang dibasahi air hangat selama 10 menit beberapa kali sehari.
Bernafas dalam udara hangat yang lembab (steam shower) atau bernapas diatas uap panas (air mendidih di baskom)
Hindari udara terlalu dingin kering (ruang AC).
Irigasi hidung dengan air garam untuk menjaga agar lendir dan bakteri tercuci keluar.
kumur air garam hangat.setengah gelas ditambah garam 1 sendok teh.
Dapat dipergunakan nasal spray sebagai dekongestan.
Apabila meniup melalui hidung, jangan terlalu kuat karena akan mendorong balik ledir kental kedalam sinus.Kedua lubang hidung tetap terbuka waktu meniup hidung pelan pelan.

Bagaimana pencegahan sinusitis?
Obati segera bila menderita flu atau pilek alergi
Hindari kontak dengan penderita flu, bila telah terjadi kontak pisik, segera cuci tangan.
Hindari rokok karena asapnya dapat menyebabkan iritasi mukosa hidung dan sinus.
Hindari udara kering, pakailah alat pelembab udara.dirumah atau dikantor
Bila menderita alergi, hindari semua barang yang dapat memicu alergi

Apakah ada makanan dan suplemen yang dianjurkan?

Dianjurkan banyak konsumsi sayur dan buah segar, minum vitamin A, B, C dan anti oksidan, Hindari produk susu dan turunannya dan makanan yang alergi


Catatan

Sinusitis harus dibedakan dengan pilek atau rhinitis, pilek alergi atau rhinitis alergi, polip atau polyp hidung.

Hidung tersumbat, sakit kepala, sakit dahi, sakit samping hidung, tidak mencium bau, sering bersin, keluar cairan hidung saau hidung berair sering di akibat sinusitis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar